Monday, April 25, 2011

Bersepeda menyusuri pantai Sanur ke Pulau Serangan tempat penyu bertelur


View bike track sanur bali in a larger map

Bersepeda menyusuri pantai Sanur menuju Pulau Serangan sangatlah menyenangkan, cuaca yang cerah, pemandangan yang indah serta track yang ringan karena sebagian besar permukaan track adalah aspal mulus dan batu paving dengan kontour permukaan tanah cenderung mendatar.


Berangkat dari kawasan perkantoran Renon yang teduh kami berombongan menyusuri jalan kecil di sela sela persawahan menuju kawasan wisata pantai Sanur yang sudah terkenal tempat dimana pelukis dunia Le Mayeur dan istrinya Ni Polok tinggal.

Di sepanjang pantai Sanur saat ini sudah dibangun jalan kecil semacam jogging track atau bike track yang terbuat dari batu paving yang memisahkan antara pantai yang berpasir putih bersih disebelah timur dengan kawasan hotel dan restaurant disebelah barat, track ini panjang membentang dari ujung utara pantai Sanur sampai ujung Selatan bertemu dengan jalan raya bypass kearah Kuta dan Nusa Dua. Bersepeda  di kawasan ini sangat memanjakan mata karena disebelah kiri kita (kalau kita bersepeda ke arah selatan dari hotel bali beach menuju ke pulau serangan) sepanjang mata memandang terhampar luas membentang  lautan yang berwarna biru jernih sampai kedasarnya, tampak beberapa turis lokal maupun turis mancanegara sedang beraktifitas bahari, ada yang berenang, snorkeling, naik perahu kano, banana boat, jetsky, parasailing dan lain sebagainya. Sedangkan disebelah kita terhampar pasir putih bersih dimana banyak turis yang bersantai diatasnya berjemur matahari. Sementara disebelah kanan kita berjajar hotel-hotel berbintang dengan kolam renangnya yang luas dan bersih tampak beberapa turis sedang berenang dan berjemur matahari dipinggir kolam...

Track yang kita lewati tidak terlalu jauh kurang lebih 28 km pp, dari titik start di Renon dan finish di tempat yang sama. Diujung track yakni di pulau Serangan (walaupun namanya pulau namun kita tidak perlu naik perahu untuk menyeberang kesana karena sudah terhubung oleh jalan aspal menuju kesana) kita bisa melihat tempat penangkaran penyu, dimana telur ditetaskan sampai menjadi tukik (anak penyu) yang kemudian akan dilepaskan ke lautan lepas.....hmmmm betapa menyenangkan melihat mereka berlarian menuju laut lepas tempat mereka hidup sampai dewasa untuk kembali bertelur di pulau serangan.....gowess and go green...mari kita dukung pelestarian alam.  

Silahkan download file gdb (garmin mapsource) dan kmz (google earth) nya atau klik di www.tracksepeda.com (tapi sebelumnya login terlebih dahulu atau register apabila belum punya login)
berikut gambaran profile tracknya :






















No comments:

Post a Comment